Jumat, 08 November 2013

Cara Merawat dann Menjinakan SugarGlider




Kalau sekilas tentang Sugar Glider itu hewan ini sejenis tupai pohon kecil yang alam aslinya ada di hutan belantara Australia, Papua, Papua Nugini, hingga Tasmania. Nah, kita nggak boleh sembarangan loh memperlakukan hewan lucu ini. Ada perawatan khusus untuk memelihara Sugar Glider ini. Mulai dari cara menjinakkan Sugar Glider-nya, lalu makanannya, lalu kandangnya juga harus diperhatikan.

  • CARA MENJINAKAN SUGAR GLIDER
Cara menjinakkan Sugar Glider: Setelah kamu memutuskan serius untuk memelihara Sugar Glider. Hal pertama yang dilakuin tentu ngebiasain hewan Sugar Glider beradaptasi dengan kamu. 


  1. Cara simpel pertama adalah dengan bau keringat bada kita. Yay~ Usahakan terus Sugar Glider itu mengingat-ingat bau keringat kita. Hewan ini termasuk peka dalam ingatan loh. Dengan memakai semisal sapu tangan bekas keringat kita yang dimasukkan ke dalam kandang sugar glider, ini bisa mengenalkan kita kepadanya. Atau bisa juga membawa SG ini ke mana pun dengan memasukkan bonding pouch.
  2. Yang kedua prosesnya ialah memberi makan SG dengan tangan kita. Ngasih makan sugar glider secara perlahan-lahan, jangan terlalu cepat ya. Atau menarik tangan secara cepat saat memasukkan makanan ke dalam kandang. Karena itu bisa diartikan SG kalau kita takut padanya.
  3. Dan cara yang biasanya ngebikin SG lebih jinak kepada kita adalah membiarkan SG menggigit. Memang butuh keberanian. Sodorin ibu jari dengan posisi kuku terbalik deh. SG nantinya akan menggigit ibu jari kita. Ulangi terus prosesnya tiap hari. Nanti lama kelamaan SG akan merasa bosan untuk menggigit ibu jari kita.


Nah. Kalau sugar glider sudah tenang dan terbiasa dengan kita. SG biasanya akan bisa diajak bermain dengan kita.


  • Makanan Sugar Glider


  1. Beri makan bubur bayi rasa buah pisang, dibuat kental. Bubur bayi yang terlalu cair akan membuat sugar glider mengalami diare.
  2. Setiap seminggu sekali beri buah yang rasanya manis, seperti pepaya, pisang, rambutan, atau lengkeng.
  3. Setiap sebulan sekali beri jangkrik dan serangga untuk menjaga asupan kalsium dan protein sugar glider.


  • Catatan penting ya. Sugar Glider itu cepat bosan dengan menu makanannya. Jadi ya memang harus variatif gitu untuk makanan sugar glider. Dan teliti juga makanan apa yang dia suka.



  • Kandang Sugar Glider

Sugar Glider (SG) sangat menyukai aktivitas memanjat dan melompat, kandang semakin besar dan tinggi akan semakin bagus. Di dalam kandang sebaiknya diletakkan cabang/dahan-dahan pohon agar SG bisa memanjat dan bermain-main.
Letakkan juga kotak sarang agar SG bisa bersembunyi. Selain itu, kandang bisa dilengkapi dengan mainan seperti wheel untuk hamster dan mainan-mainan lainnya agar SG bisa bermain-main.
Hindari penempatan di ruangan ber-AC. Kalau terpaksa di ruangan ber-AC, taruhlah pouch / hidding biar hangat.
Sering ajak main ke luar kandang apabila sudah jinak.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar